RSS

LAPORAN WISATA BALI

16 Sep

BAB I

PENDAHULUAN

Indonesia memiliki ribuan pulau indah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bali merupakan pulau kecil penuh pesona yang terletak di Indonesia bagian tengah. Melalui pulau yang hanya memiliki luas sekitar 5.632 Km² inilah kita bisa menyaksikan berbagai keindahan panorama alam yang disajikan, kebudayaan yang terus dipegang teguh oleh masyarakat Bali dan suasana religiusnya yang sangat kental.

Banyak hal yang dapat kita saksikan selama berada dipulau Bali melalui keindahan alamnya. Pegunungan hijau, danau yang luas, pantai yang bersih dengan hamparan pasir putih yang indah, pedesaan dengan hamparan sawah yang subur serta pasar seni tradisional yang menjual berbagai barang murah khas Bali dan masih banyak lagi.

Seiring dengan perkembangan zaman, pemerintah terus melakukan upaya untuk memajukan sektor pariwisata yang ada di pulau Bali sehingga dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk terus mendatangi pulau Bali.

Kini kami selaku penyusun akan menyajikan beberapa keindahan yang ditawarkan oleh pulau Bali yang telah kami datangi pada akhir bulan juni 2009 lalu. Semoga anda selaku pembaca dapat menikmatinya.

 

 

BAB II

LAPORAN KUNJUNGAN STUDI DAN WISATA

 

  1. KUNJUNGAN STUDI

DINAS PARIWISATA BALI

Dinas Pariwisata Bali terletak dipusat kota. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk menempuhnya jiDSC00796ka kita berangkat dari penginapan. Melalui Dinas Periwisata Bali ini kita bisa mengetahui  berbagai tempat pariwisata yang ada di pulau Bali dan bagaimana perkembangan kepariwisataan serta upaya pengembangan yang dilakukan oleh dinas pariwisata untuk terus mengembangkan konsep pariwisata di pulau Bali.

Berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari dinas menyebutkan bahwa dipilau Bali yang memiliki luas 5.632 Km² ini terdapat 275 obyek wisata. Dalam setiap tahunnya pemerintah selalu melakukan upaya pengembangan untuk terus memikat wisatawan baik dari lokal maupun internasional. Upaya tersebut dilakukan baik memalui bidang keamanan dan kesehatan (rumahsakit bertaraf internasional).

Pada tahun 2008 terjadi peningkatan jumlah wisatawan tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini membuat Bali menjadi obyek wisata nomor satu didunia yang mengalahkan Swees dan obyek wisata dunia lainnya.

  1. KUNJUNGAN WISATA
  1. WISATA RELIGI MAKAM SUNAN AMPELDMAKAM SUNAN AMPEL

Tempat wisata yang kami datangi pertama kali pada studi wisata ini adalah makam sunan Ampel yang terletak di Ibukota provinsi Jawa Timur yakni Surabaya. Tujuan utama kami mengunjung makam sunan Ampel adalah untuk berziarah. Namun, sebelum kami berziarah terlebih dahulu kami menunaikan shalat maghrib dan isya’ secara jama’ taqdim dimasjid yanterdapat diluar makam dikarenakan pada saat kami sampai di lokasi sudah masuk waktu maghrib.

Saat memasuki makam, maka akan terlihat beberapa tempat air atau dalam istilah Jawa disebut genthong. Di gethong ini para peziarah dapat mengambil air untuk minum, berwudhu atau mencuci muka.

  1. BEDUGUL

Bedugul terletak di desa Badunya Kecamatan baduridi kabupaten Tabanan. Bedugul merupakan kawasan yang bercurah hujan cukup tinggi dengan suhu relatif rendah ±18 ºC. Di Bedugul ini terdapat danau Beratan dengan luas ±400 ha yang dikelilingi bukit yang terbentang (Kab.Karangasem sampai Kab.Jembrana). Disalah satu kaki bukit ini ditemukan goa Jepang yang pada zaman DBEDUGULpenjajahan Belanda digunakan sebagai benteng pertahanan dan tempat menahan tawanan.

Dengan menaiki prahu motor atau dayung sampan wisatawan dapat mengelilingi danau Beratan dan singgah di Wana Villas untuk sekedar mengabadikan kenangan dengan mengambil foto ataupun menikmati indahnya panorama alam. Di danau Beratan ini juga terdapat pura suci Pura Ulundanu yang didirikan oleh Sangkal Badih pada abad ke 8 M yang konon menurut cerita pure ini menjadi tempat dimana Dewi Sri atau Dewi kesuburan bagi masyarakat Bali yang pada waktu tertentu akan menjelma menjadi seekor naga dan muncul ke permukaan danau Bertan lalu bersemayam di salah satu puncak bukit tertinggi yang mengelilingi danau Beratan. Pada musim panen masyarakat Bali yang berprofesi sebagai petani akan datang dan mengadakan upacara pemujaan Dewi sri dipura ini.

  1. SANGEH

Sangeh merupakan hutan yang didominasi pohon pala. Memiliki luas area ±12 ha.  Didalam hutan sangeh terdapat monyet-monyet lucu yang oleh masyarakat sangat dilindungi dan dijaga agar tidak punah. Monyet-monyet ini lucu-lucu, namun bagi wisatawan harus berhati-hati jangan sampai menbawa barang yang mengundang emosional si monyet. Di sangeh terdapat pure yang oleh masyarakat Bali dianggap suci, sehingga bagi wisatawan wanita yang sedang menstruasi dan Ibu menyusui dilarang memasuki kawasan ini.

Didalam hutan ini wisatawan juga bisa melihat pohon lanang wadon. Diberi nama demikian karena pohon ini menyerupai bentuk alat kelamin lanang dan wadon. Menurut cerita, dahulu pohon ini dihuni sepasang genderuwo yang kemudian menikah dipohon ini sehingga pohon ini menyerupai saperti bentuk kelamin lang dan wadon.

  1. TANAH LOT

Tanah Lot terletak di desa Barapan, Kec.kediri, Kab. Tabanan. Di Tanah Lot ini terdapat pure suci yang dibangun diatas batu karang. Pada saat air laut pasang maka pure suci ini berada ditengah laut, namun ketika air laut surut, puresuci ini berada di sisi tepi laut. Pure suci ini memang DTANAH LOTsaat ini sudah tidak asli lagi karena telah mengalami renovasi pada batu karangnya. Karena berdasarkan pertimbangan jika batu karang ini tidak diperbaiki maka akan terus terkikis oleh air laut dan dikhawatirkan wisatawan tidak dapat menikmati indahnya pure suci ini.

Fenomena aneh yang ada disini yaitu air yang ada di pure ini berasa tawar dan konon wisatawan yang mencuci muka atau meminum air ini dijamin awet muda dan mudah jodoh. Didalam pure ini juga terdapat goa yang didalamnya terdapat ular suci.

  1. CAHAYU

Cahayu merupakan toko pusat oleh-oleh makanan khas Bali. Disini wisatawan dapat menemukan dan me01mbeli oleh-oleh makanan khas Bali seperti brem Bali, dodol, tape pocong, salak bali, arak Bali dan kopi Bali. Konon kopi bali ini memiliki khasiat menghilangkan lelah. Hanya dengan mencium aroma kopi Bali ini akan dapat menghilangkan rasa sakit kepala, pusing dan penat. Bagi wisatawan yang menginginkan souvenir dan pernak-pernik, di pusat oleh-oleh Cahayu ini juga disediakan seperti topi, kalung ataupun hiasan rumah.

  1. BARONG

Pusat pertunjukan tari barong “ Sekehe Barong Sila Budaya” teletak di Puri Anom Batubula Ginanyar. Hanya dengan waktu 10 menit dari pusat oleh-oleh Cahayu, dengan menggunakan bus kita sudah bisa sampai di pentas pertunjukan tari barong. Pertunjukan ini dimulai pukul 10.00 WITA. Tari Barong dan Kris merupakan tari yang menggambarkan pertarungan antara kebajikan melawan kebatilan. Barong adalah binatang purbakala yang melukiskan kebajikan dan Rangda adalah binatang purbakala yang mahadahsyat yang menggambarkan kebatilan.

SANYO DIGITAL CAMERAPertunjukan tari barong ini terdiri dari lima babak yang diawali dengan gending pembukaan. Pada babak kelima diceritakan bahwasanya Kalika yang merupakan salah seorang pengikut Rangda yang melawan Sadewa dan kemudian mati lalu berubah wujud menjadi seekor babi hutan dan kembali bertarung dengan Sadewa namun kalah lalu berubah menjadi Burung namun tetap saja dikalahkan oleh Sadewa. Akhirnya kalika (burung) berubah lagi menjadi Barong dan karena sama saktinya maka pada pertempuran ini tidak ada yang menang dan pertempuran ini abadi.

Hal ini menunjukkan bahwasanya antara kebajikan dan kebatilan akan terus ada dan keduanya tidak akan ada yang menang untuk selamanya. Hal inilah yang kini menjadi kepercayaan masyarakat Bali yang dilambangkan pada kain kotak-kotak hitam putih yang biasa digunakan oleh masyarakat Bali untuk menutup pohon dan lainnya.

  1. PANTAI SANUR

Pantai Sanur berjarak ±6 Km dari pusat kota Denpasar. Yang menyenangkan dari pantai ini adalah kombinasi dari pasir putih dan ombak pantainya yang dingin. Wisatawan juga dapat berpetualang dengan memilih salah satu aktifitas seperti jogging, renang, olahraga dayung sampan. Adapun momen yang paling mengesankan dan yang paling ditunggu di pantai Sanur ini adalah menunggu matahari terbit atau sunshine.

  1. DREAMLAND

Pantai Dreamland, Jimbaran, Kabupaten Badung merupakan pantai berpasir putih yang bersih dan berombak besar. Banyak wisatawan mancanegara yang memilih tenpat ini untuk melakukan olahraga surfing dan berjemur karena memang di pantai Dremland ini cuacanya sangat panas pada tengah hari. DREAMLANDSelain pasir putih dan ombak yang besar juga terdapat rocky canyon dan pegunungan hijau. Hal inilah yang membuat Dreamland bisa menawarkan keindahan alam yang serasa berbeda dari pantai lainnya.

Di Dreamland ini wisatawan dapat menikmati ombak yang besar dengan berolahraga surving.

  1. PANTAI KUTA

Di sebelah selatan dari pulau Bali kita dapat menemukan pantai Kuta yang terletak didesa Kuta Kab.Tabanan. PantaiSANYO DIGITAL CAMERA dengan hamparan pasir putih ini banyak diminati oleh wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Banyak hal yang ditawarkan oleh pantai Kuta seperti pasir pantainya yang putih, dan pemandangan yang indah karena banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi di pesisir pantai dan akan lebih indah ketika kita dapat menikmati suasana sunset di pantai Kuta.

Pantai Kuta juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern seperti hotel berbintang, restoran, kafe, bar, dan ada juga hiburan nonstop untuk setiap orang yang menginginkannya. Bagi wisatawan yang tertarik untuk berbelanja dan menghabiskan uangnya disini juga tidak khawatir karena disepanjang jalanan pantai terdapat took-toko yang yang akan buka 24 jam.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

  1. Kesimpulan

Pulau Bali dengan luas wilayah ±5.632 Km² ini kita bisa melihat pesona indahnya alam Indonesia yang masih asli. Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata yang indah seperti banau Beratan di Bedugul, pura suci ditengah laut Tanah Lot, pantai Sanur yang berpasir putih dan indah dengan sunrise, pantai dreamland dengan ombak yang dahsyat dan cocok untuk berjemur dan pantai kuta yang terlihat eksotis dengan sunsetnya.

  1. Saran

Kita sebagai manusia hendaknya bersyukuur dengan nikmat Allah yang amat besar. Jangan kita rusak alam yang telah Allah ciptakan dengan keindahannya dan manfaatnya sehingga keindahan alam yang ada tidak hanya bisa kita nikmati saat ini namun juga bagi anak cucu kita dimasa yang akan datang.

  1. Penutup

Demikian laporan hasil studi wisata yang dapat kami susun. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kami menyadari bahwa laporan hasil studi wisata ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga kami selaku tim penyusun membuka kritik dan saran pembaca yang bersifat konstruktif. Akhirnya, harapan kami semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Amin.

 

 

 

BAB V

DAFTAR PUSTAKA

 

DINAS PARIWISATA PROVINSI BALI. 2009. Bali santi, shanti, shanti bali in brief.

05

03 04 DSC00525 OLYMPUS DIGITAL CAMERA SANYO DIGITAL CAMERA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 16, 2014 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: