RSS
Sampingan
01 Agu

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Madrasah : MA Al-Khoiriyyah Semarang
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas / Semester : XII / 1
Standar Kompetensi :
  1. Memahami ketentuan Islam tentang siyasah syar’iyah
Kompetensi Dasar :
  • Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan (khilaafah)
Indikator :
  1. Menjelaskan pengertian
  2. Menyebutkan syarat-syarat bagi khalifah
  3. Menyebutkan Pengangkatan khalifah menurut sejarah islam

 

Alokasi Waktu           : 2 X 40 menit (1 pertemuan)

 

 

 

Pertemuan I     : (Indikator 1 dan 2)

 

  1. Tujuan Pembelajaran:

Dengan terlibat dalam permainan jig saw, peserta didik dapat memahami, mengetahui, memiliki catatan, dan menjelaskan pengertian, syarat-syarat dan Pengangkatan khalifah menurut sejarah islam.

 

 

  1. II. Karakter Peserta didik yang diharapkan :
  • Dapat bekerja sama
  • Religius
  • Memiliki sikap disiplin
  • Berani bertanya
  • Berani mengungkapkan pendapat
  • Bertanggung jawab

 

 

  1. MateriPembelajaran :
  • Khalifah dan tata cara pengangkatannya

 

 

IV. MetodePembelajaran :

  • Jig Saw
  • Ceramah
  • Tanya Jawab

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran:
No Kegiatan Pembelajaran Pengorganisasian
Siswa Waktu
Kegiatan Awal  

10 menit

1
  1. Salam pembuka dan membaca basmalah (religius)
  2. Ramah tamah (Tanya kabar dan absensi)
  3. Menyampaikan tujuan, apersepsi dan motivasi mengenai materi pelajaran
k
Kegiatan Inti
2 Eksplorasi :

  1. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan buku catatan dan bolpoin. (disiplin)
  2. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok, dimana kelompok 1 akan mencatat mengenai pengertian khalifah, kelompok 2 mengenai syarat-syarat khalifah, kelompok 3 Pengangkatan khalifah menurut sejarah islam.
k/g 5 menit
3 Elaborasi :

  1. Setelah semua siswa duduk dengan rapi pada kelompoknya masing-masing, kemudian guru membagi materi berupa lembaran ke masing-masing kelompok. Kemudian guru menerangkan cara permainannya, yakni:
  • satu orang di masing-masing kelompok membacakan apa yang tertulis di kertas tersebut dan yang lain mencatatnya. (bekerja sama)
  • setelah semua selesai mencatat, 1 orang yang membacakan materi tadi pada tiap-tiap kelompok tetap tinggal di dalam kelompok tersebut dan 4 orang yang lainnya menyebar ke masing-masing kelompok yang lain dan nantinya dalam masing-masing kelompok itu akan ada siswa dari kelompok 1,2, dan 3 yang kemudian mereka secara bergantian mendekte catetan yang mereka telah catat di kelompoknya masing-masing tadi. (bertanggung jawab)
  1. Setelah semua selesai mencatat siswa kembali ke tempat duduknya yang awal dan guru menerangkan di depan kelas tentang materi yang telah mereka catat.
k/g

 

35 menit
4 Korfirmasi :

Guru menunjuk siswa dan memberikan pertanyaan sesuai dengan materi yang sudah dijelaskan. Setelah dirasa cukup guru mengakhiri pelajaran dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berbicara baik menanyakan hal-hal yang kurang difahami, sanggahan maupun masukan atas pelajaran tentang prinsip-prinsip ibadah tersebut. (berani bertanya dan mengungkapkan pendapat)

k/g 20 menit
 

Penutup

5
  1. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah.(bertanggung jawab)
  2. Guru menyimpulkan materi tentang prinsip-prinsip ibadah kepada seluruh peserta didik dan memberikan pesan bahwasanya macam-macam ibadah yang sudah diketahui harus bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. (religius)
  3. Membaca hamdalah dan do’a kafaratul majlis
  4. Salam penutup
k 10 menit
6 Evaluasi ( terlampir )

Berupa tugas pekerjaan rumah

i 1 minggu

Keterangan: i = Individual;   p = berpasangan;   g = group;   k = klasikal.

 

  1. Media Pembelajaran :
  • Buku paket PAI Fikih MA kelas X
  • Lembaran kertas berisi materi

 

VI. Penilaian:

 

  1. Prosedur Tes:
  • Tes awal : tidak ada
  • Tes Proses : ada
  • Tes Akhir : ada
  • Tes awal : –
  • Tes Proses : Pengamatan
  • Tes Akhir : Tertulis
    • Tes awal: –
    • Tes proses:
  1. Jenis Tes:
  1. Alat Tes:
  1. Apa pengertian dari khalifah?
  2. Apa syarat-syarat menjadi khalifah?
  3. Bagaimana saja cara pengangkatan khalifah menurut sejarah islam?

 

NO Indikator NILAI
nama nama nama nama
1 Keaktifan peserta didik ketika terlibat dalam permainan Jig saw
2 Kedisiplinan siswa dalam memiliki catetan atas materi yang disampaikan.
3 Ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru
4 Keaktifan dalam bertanya dan mengungkapkan pendapat.

 

  • Tes akhir:

Buatlah resuman yang membahas tentang ibadah khassah (khusus) dan ibadah ‘ammah (umum) minimal 1 halaman buku tulis.

 

 

 

 

Semarang, 29 Agustus 2013

 

Mengetahui,                                                               Guru PPL

Guru Pengampu Fikih

 

 

 

Ustadz Zamroni Latif                                                Siti Hana

                                               

 

 

 

 

 

Saran Guru Pamong:

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 

 

 

 

 

 

 

Khalifah dan tata cara pengangkatannya

 

  1. Pengertian khalifah

Khalifah adalah orang-orang yang mewakili umat dalam urusan pemerintahan dan kekuasaan serta dalam menerapkan hukum-hukum syara’.

Dengan kata lain, Khalifah merupakan orang-orang yang menggantikan rasulullah SAW  dalam kedudukannya sebagai pemimpin dan kepala negara setelah beliau wafat.

 

  1. Syarat-syarat khalifah

Untuk menjadi khalifah, seseorang harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Beragama islam
  2. Memiliki ilmu pengetahuan yang cukup luas
  3. Mampu melaksanakan pengawasan terhadap semua aparatur pemerintahan dalam melaksanakan hukum, peraturan, dan perundang-undangan yang berlaku
  4. Adil
  5. Tidal cacat fisik
  6. Dipilih oleh rakyat

 

  1. Pengangkatan khalifah

Pengangkatan khalifah menurut sejarah islam:

  1. Pemilihan yang dilakukan oleh pemimpin umat islam (ex: pengangkatan khalifah Abu Bakar As-Shiddiq)
  2. Pengangkatan khalifah menurut usulan khalifah terdahulu (ex: pengangkatan khalifah Umar bin Khattab)
  3. Melalui pemilihan umum yang langsung dipilih oleh seluruh rakyat (ex: pengangkatan  khalifah Umar bin Abdul Aziz)
  4. Pengangkatan khalifah melalui persetujuan rakyatnya (ex: Pengangkatan sultan Salim dari mesir karena dinilai berjasa dalam mengembangkan Islam)

 

RPP FIKIH

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 1, 2014 in catatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: