RSS
Sampingan
01 Agu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah             :     MA Al-Khoiriyyah

Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab

Status Pendidikan       :     MADRASAH ALIYAH

Kelas / Semester         :     X / 1 (Gasal)

Alokasi Waktu            :     2 x 40’ (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi:

  1. Menyimak (إستماع)

Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan (تعارف)

Kompetensi Dasar:

  1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) tentang ta’aruf dengan tepat
  2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang ta’aruf secara tepat
  1. Indikator
  • Menyebutkan mufrodat yang berkaitan dengan ta’aruf
  • Menjawab pertanyaan sesuai konteks
  • Menuliskan informasi yang didapat dari bacaan
  • Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
  1. Tujuan Pembelejaran:

Setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu :

  • Menyebutkan mufrodat yang berkaitan dengan ta’aruf
  • Menjawab pertanyaan sesuai konteks
  • Menuliskan informasi yang didapat dari bacaan
  • Menentukan benar/salah ujaran yang didengar

Nilai Karakter Bangsa

  • Cinta ilmu
  • Gemar menyimak
  • Rasa igin tahu
  • Disiplin
  1. Materi Pembelajaran

Percakapan tentang ta’aruf

  1. Metode
  2. Audiolingual
  3. Langkah Pembelajaran
No Langkah-Langkah Kegiatan Media/Sumber Waktu
1 Pendahuluan   15 menit
  • Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan berdo’a.
  • Guru menanyakan kabar siswa dan mengecek kehadiran siswa
  • Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
  • Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
Pengalaman pribadi
2 Kegiatan Inti   50 menit
Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
  • Menyebutkan kata-kata yang didengar
  • Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi :

  • Mendiskusikan isi wacana lisan
  • Menuliskan isi wacana lisan secara umum
  • Memaparkan isi wacana lisan secara umum

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
 

 

Guru/Buku Paket

 

 

 

Teks bacaan

3 Penutup   15 menit
  • Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
  • Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
  • Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa membaca do’a kafaratul majlis dan hamdalah bersama-sama, diakhiri dengan salam
Instrumen latihan

 

  1. Sumber belajar/ Bahan/ Alat belajar
  2. Guru
  3. LKS Fokus
  4. Hidayat, Buku Paket Pelajaran Bahasa Arab kelas X, Karya Toha Putra, 2010
  5. Papan tulis
  6. Spidol

 

  1. Penilaian
  2. Prosedur :
  • Tes awal : ada
  • Tes proses : ada
  • Tes akhir : ada
  1. Bentuk Tes :
  • Tes awal : tes lisan         ( الإختبار الشفوى)

Instrument            :

  1. ما معنى التعارف ؟
  2. ما يتعلّق بالتعارف ؟

 

  • Tes proses :   tes tulis

Instrument            : tulislah informasi yang anda dapat dari bacaan!

 

  • Tes akhir : tes identifikasi

Instrument            : berilah tanda centang jika benar dan silang jika salah

 

Mengetahui,

Semarang,    Agustus 2013
Guru Pamong

 

 

Guru PPL

 

 

 

Syaiful Amar, Lc

NIP: 3374152609860001

Siti Hana

NIM: 103211045

 

 

 

 

 

 

RPP BAHASA ARAB X/1

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 1, 2014 in catatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: