RSS

Strategi Pembelajaran Aktif dalam PBA

04 Mei

Strategi Pembelajaran Aktif dalam PBA

  1. 1.      Strategi Pembelajaran Menyimak
    1. Ikhtiyatul jumal
    2. Shawab khata’
    3. Drill
    4. Bithoqotus surah
    5. Word focus discussion
    6. Dictogloss
    7. Cloze listening
    8. Qarsus sa’ah
    9. Jigsaw listening
  2. 2.      Strategi Pembelajaran Kalam
    1. La’bud daur
    2. Takhlis jama’i
    3. Ta’bir mushawwar
    4. Strip story
    5. Khitabah
    6. Jidal
    7. Describe and draw
    8. Jumbled picture (gambar acak)
  3. 3.      Strategi Pembelajaran Membaca
    1. Bithoqotu tanfidzi ta’limat
    2. As’ilah wal ajwibah
    3. Empty outline
    4. CIRC (Cooperative Integrate Reading and Composition)
    5. Bitoqotut takmalah
    6. Takhlis jama’i
    7. Drill
    8. Flash card
  4. 4.      Strategi Pembelajaran Menulis
    1. Dictogloss
    2. Laghzul kalimat al mutaqatti’ah (TTS)
    3. Galery walk
    4. Jigsaw sentences
    5. Scramble
    6. Wacana cloz murni (menghilangkan kata secara teratur)
    7. Takhlis jama’i
    8. Ta’bir mushawwar
    9. Find and copy (untuk bisa menulis dengan baik)

 

Penerapan Strategi Pembelajaran

تعبير الصورة

  1. Guru menyiapkan gambar terkait topik
  2. Guru meminta siswa untuk mengamati gambar secara cermat
  3. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
  4. Guru meminta semua anggota kelompok mencatat kosakata (mufrodat) sebanyak-banyaknya sesuai hasil pengamatan (dibatasi waktu)

القراءة الجهرية

  1. Pilih teks yang menarik
  2. Bagi siswa kedalam kelompok
  3. Berikan kopian teks jika ada buku teks
  4. Bagi teks dalam paragraf/ sejumlah kelompok
  5. Minta salah satu siswa untuk membaca paragraf yang menjadi bagiannya
  6. Minta setiap kelompok menulis mufradat sulit
  7. Setelah teks dibaca, minta kelompok membaca daftar daftar mufradat sulit
  8. Beri kesempatan kelompok lain mengomentari
  9. Guru menjelaskan arti mufradat yang belum diketahui
  10. Berikan pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks
  11. Guru mengklarifikasi

لغز الكلمات المتقطعة (Cross word puzzle/ TTS)  

  1. Tulis mufradat penting
  2. Buatlah kisi-kisi yang dapat diisi dengan kata-kata yang telah dipilih
  3. Buat pertanyaan dan jawabannya adalah kata yang telah dibuat/ pertanyaan yang mengarahkan pada kata tersebut
  4. Bagi siswa dalam beberapa kelompok
  5. Bagikan kertas tekateki kepada masing-masing kelompok untuk diisi (dibatasi waktu)
  6. Kumpulkan lembar kerja berdasarkan yang paling cepat

تخليص جمعي

  1. Bagi siswa dalam kelompok
  2. Guru membagi/ membaca teks dengan jelas
  3. Siswa membaca dan menulis kata kunci/ mendengar dengan cermat
  4. Guru memberi waktu untuk mendiskusikan & membuat rangkuman
  5. Setiap kelompok menuliskan rangkumannya
  6. Masing-masing memajang hasil kerjanya/ mempresenteasikan hasilnya secara lisan
  7. Guru mengklarifikasi
  8. Setiap siswa menulis hasil resum yang telah diklarifikasi dalam bukunya masing-masing

الأورق الممزق / صنادق القصص (Strip story/ potongan cerita)

  1. Guru memilih 1 teks / cerita
  2. Tulis teks dengan jelas dalam kertas karton dan beri jarak yang cukup untuk setiap kalimat
  3. Buat teks sebanyak kalimat
  4. Bagikan teks yang sudah menjadi kepingan-kepingan teks untuk disusun menjadi 1 teks utuh
  5. Masing-masing kelompok mempresentasikan teks yang disusun
  6. Guru bersama siswa mengklarifikasi

بطاقة الصورة

  1. Buat kartu sejumlah kelompok/ siswa
  2. Gambar masing-masing kartu sesuai mufradat yang diajarkan
  3. Buat pernyataan-pernyataanyang menjelaskan gambar
  4. Bagi kartu kepada siswa/ kelompok
  5. Guru menulis angka dipapan tulis sejumlah pernyataan
  6. Guru membacakan pernyataan-pernyataan secara urut
  7. Siswa mendengarkan dan setelah paham menempelkan gambar yang sesuai dengan pernyataan dari guru di nomor yang ada di papan
  8. Guru mengklarifikasi

Dictogloss

  1. Persiapan
    1. Mengajukan pertanyaan
    2. Menunjukkan gambar stimulus
    3. Membahas kosakata
    4. Menyampaikan kegiatan siswa
  2. Dikte
  3. Rekonstruksi
  4. Analisis koreksi
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 4, 2013 in catatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: