RSS

Keterampilan Dasar Mengajar

02 Mei

Keterampilan dasar mengajar

Adalah keterampilan-keterampilan dasar yang harus dimiliki dan diaktualisasikan guru dalam proses pembelajaran
Ada delapan, meliputi;
1.    Keterampilan bertanya
2.    Keterampilan memberi penguatanSITI HANA
3.    Keterampilan variasi
4.    Keterampilan menjelaskan
5.    Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
6.    Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
7.    Keterampilan mengelola kelas
8.    Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

1.    Keterampilan membuka dan menutup pelajaran (مهارة إبتداء الدرس واختتامها)
a.    Pengertian;
Adalah perbuatan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada apa yang dipelajari.
b.    Tujuan ;
1)    Menimbulkan perhatian dan motivasi
2)    Membuat siswa mengetahui batas-batas tugasnya
3)    Membantu siswa mengetahui pendekatan yang digunakan
4)    Membantu siswa mengetahui hubungan pengalaman yang lalu dengan hal-hal yang akan dipelajari
5)    Membantu siswa mengetahui tingkat keberhasilannya
c.    Komponen-komponen membuka dan menutup pelajaran;
1)    Membuka pembelajaran
a)    Menarik perhatian siswa dengan berbagai cara
b)    Menimbulkan motivasi dengan:
    Kehangatan dan keantusiasan
    Menimbulkan rasa ingin tau
    Mengemukakan ide yang bertentangan
    Memperhatikan minat siswa
c)    Memberiakan acuan dengan cara;
    Mengemukakan tujuan dan batas-batasnya
    Menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan
    Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas
    Mengajukan pertanyaan
d)    Membuat kaitan dengan cara;
    Mengajukan pertanyaan apresiasi
    Merangkum pelajaran yang lalu
2)    Menutup pembelajaran
a)    Meninjau kembali dengan cara menerangkan/ membuat ringkasan.
b)    Memberi penugasan
c)    Menanyakan materi yang di sampaikan

2.    Keterampilan bertanya
a.    Pengertian;
Adalah keterampilan yang berisi ucapan verbal yang meminta respon dari seseorang yang dikenal.
b.    Tujuan;
1)    Merangsang kemampuan berpikir siswa
2)    Mengarahkan siswa pada taraf interaksi belajar yang mandiri
3)    Meningkatkan kemampuan berpikir siswa dari tingkatan rendah ke tingkat tinggi
4)    Membantu siswa dalam mencapai tujuan belajar
c.    Komponen-komponen bertanya;
1)    Keterampilan bertanya tingkat dasar
a)    Mengungkapkan pertanyaan secara jelas
b)    Pemberian acuan
c)    Pemusatan perhatian
d)    Penyebaran pertanyaan (seluruh siswa, siswa tertentu, dan meminta siswa lain menanggapi pertanyaan)
e)    Pemindahan giliran
f)    Pemberian waktu berpikir
g)    Pemberian tuntunan (mengulang pertanyaan, menyederhanakan pertanyaan atau mengulangi penjelasan sebelumnya)
2)    Keterampilan bertanya tingkat lanjut
a)    Mengubah tuntutan tingkat kognitif (C1, C2, C3, .. C6)
b)    Pengaturan urutan pertanyaan (dari sederhana ke kompleks)
c)    Penggunaan pertanyaan pelacak (klarifikasi, minta alasan, minta kesepakatan siswa lain, minta ketepatan jawaban/ yang lebih relevan/ yang lebih kompleks, meminta contoh)
d)    Peningkatan terjadinya interaksi (minta jawaban siswa lain dari pertanyaan)

3.    Keterampilan memberi penguatan
a.    Pengertian;
Adalah tingkah laku guru dalan merespon secara positif suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali.
b.    Komponen-komponen memberi penguatan;
1)    Penguatan verbal (kata-kata atau kalimat pujian)
2)    Gasture
3)    Tanda/ benda (anggukan, pemberian tanda bintang)
c.    Prinsip memberi penguatan
1)    Penuh kehangatan & antusias
2)    Menghindari penggunaan respon negatif (menepuk pundak)
3)    Bermakna bagi siswa
4)    Dapat bersifat pribadi atau kelompok
d.    Cara menerapkan
1)    Harus bervariasi
2)    Secara langsung dan segera

4.    Keterampilan memberi variasi
a.    Pengertian;
Adalah perbuatan guru dalan konteks pembelajaran yang bertujuan mengatasi kebosanan siswa sehingga ada ketekunan, antusia dan berperan aktif.
b.    Komponen-komponen memberi variasi;
1)    Variasi dalam gaya mengajar, meliputi
a)    Variasi suara (keras – lemah)
b)    Pemusatan perhatian
c)    Kesenyapan
d)    Kontak pandang
e)    Gerak badan/ mimik
f)    Perubahan posisi guru
2)    Variasi dalam penggunaan media dan bahan pelajaran (media audio, visual, audio visual)
3)    Variasi dalam pola interaksi (klasikal, kelompok dan perorangan) dan kegiatan (penggunaan metode dan strategi yang bervariasi

5.    Keterampilan membimbing kelompok kecil
a.    Pengertian;
Adalah perbuatan guru dalam konteks belajar mengajar yang hanya melayani 3 – 8 siswa untuk kelas kecil
b.    Komponen-komponen membimbing kelompok kecil
1)    Memusatkan perhatian
    Merumuskan tujuan diskusi
    Merumuskan kembali masalah & menandai hal-hal yang tidak relevan jika terjadi penyimpangan
2)    Memperjelas masalah/ urutan pendapat
3)    Menganalisis pandangan siswa
4)    Meningkatkan urunan –sumbangan partisipasi aktif – siswa
5)    Menyebarkan kesempatan perpartisipasi
6)    Menutup diskusi

6.    Keterampilan mengelola kelas
a.    Pengertian;
Adalah keterampilan dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang optimal guna terjadinya kegiatan belajar mengajar yang serasi dan efektif.
b.    Komponen-komponen mengelola kelas;
1)    Yang berhubungan dengan penciptaan & pemeliharaan kondisi belajar yang optimal;
    Menunjukkan sikap tanggap
    Membagi perhatian secara visual & verbal
    Memusatkan perhatian kelompok
    Memberi petunjuk yang jelas
    Menegur secara bijaksana dan membuat aturan
    Memberikan penguatan bila perlu
2)    Yang berhubungan dengan pengendalian kondisi belajar yang optimal;
Berhubungan dengan respon guru terhadap respon negatif siswa dengan cara; memodifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok & mengatasi perilaku yang menimbulkan masalah.

7.    Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
a.    Pengertian;
Adalah mengajar kelompok kecil & perorangan terjadi dalam konteks pengajaran klasikal
b.    Komponen-komponen mengajar kelompok kecil dan perorangan;
1)    Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi dengan cara;
2)    Keterampilan mengorganisasikan
3)    Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
4)    Keterampilan merencanakan & melaksanakan kegiatan belajar mengajar

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 2, 2013 in catatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: